Persiapan Iman Sebelum Ujian SNMPTN

Assalamualaikum.

Tepatnya Tanggal 12 -13 Juni adalah waktu dimana pelajar yang akan menlanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,akan di uji kemampuan otaknya. Dan banyak sekali persiapan yang dilakuakan ratusan pelajar saat akan mengikuti ujian SNMPTN. Mulai dari belajar dari buku kumpulan soal SNMPTN tahun sebelumnnya dan soal-soal prediksi. Ada lagi pelajar yang mengikuti Program bimbingan belajar yang khusus  dibuat sebagai persiapan untuk ujian SNMPTN.

Bahkan ada pelajar yang “menyewa” guru privat dan belajar di rumah hingga larut malam dan membayar lebih mahal agar bisa lulus di ujian SNMPTN. Dan semua persiapan itu dilakukan siswa dalam rangka untuk menuju suatu impian yaitu kuliah di perguruan tinggi negeri yang diimpi-impian selama ini. Namun sayanag, sebagian dari pelajar hanya sibuk mempersiapkan bekal untuk otak saja, tapi melupakan bekal yang juga penting yaitu keimanan dan dibuktikan dengan doa yang “spektakuler”. Ibaratnya jika pelajar hanya mempersiapkan intelektual saja tanpa doa, seperti orang yang bepergian jauh di gurun pasir hanya membawa makanan saja tapi ia tidak membawa minum.

Padahal di SNMPTN nanti begitu banyak kejadian dan keadaan yang mengharuskan kita punya iman yang kuat. Diantaranya, banyak peserta yang sangat grogi saat mau ujian SNMPTN, keadaan ini bisa terjadi  karena siswa tersebut mungkin kurang berdzikir kepada Allah. Padahal Allah menjanjikan bahwa untuk hamba-hambanya yang yang selalu berdizikir maka Allah akan mendatangkan ketenangan kepadanya. Dan ini adalah salah satu persiapan iman yang perlu diperhatikan oleh semua pelajar yang akan mengikuti ujian.

Fenomena lebih “mengerikan” lagi ialah dimana banyak siswa Sangat cerdas yang gagal lulus SNMPTN hanya karena masalah sepele, yaitu mereka salah isi kode peserta, kode soal atau salah menghitamkan jawaban. Ini adalah suatu ketidakberuntungan yang harus dihindari. Agar kita beruntung maka cara yang terbaik ialah kita mendekati sumber keberuntungan yaitu Allah SWT dengan ibadah-ibadah tambahan yang akan membuat Allah semakin sayanag dengan kita sehingga kita dijauhi dari ketidak beruntungan. Dengan cara perbanyak doa di Sholat Tahajud, Sholat Dhuha dan juga ibadah tambahan lain seperti sedekah. Karena Allah berjanji bahwa orang-orang bertaqwa itu ialah orang yang beruntung kehidupannya.

Ada beberapa kejadian yang menarik saat SNMPTN dimana banyak siswa dengan kemampuan biasa-biasa saja lulus SNMPTN dan masuk ke jurusan Favorit. dan sebagian dari mereka mengaku setelah berjuang dengan sungguh-sungguh mereka memperbanyak ibadah kepada Allah dan bertawakkal kepada Allah. Dan mereka pun juga tidak lupa meminta restu dari orang tua mereka sebelum ujian khususnya ibu. Setelah kamu berusaha maka berdoalah kepada Allah dan minta doa lah kepada ibu, karena doa ibu itu sangat mustajab dan tidak ada hijabnya di hadapan Allah, akan sangat mudah dikabulkan Allah.

Berjuanglah dengan sungguh-sungguh dan serahkan hasilnya hanya kepada Allah

Man Jadda wa Jadda (siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil)

Nothing is Imposible, everything is possible if you believe in Allah

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s