Di ”tampol” Ustadz

Assalamualaikum

Sahabat semua, maksud judul diatas ialah bukan pada makna yang sebenarnya, yaitu benar-benar di pukul Ustadz. Tapi ialah merupakan sebuah perumpamaan, dimana saat penulis mendengar ceramah seorang ustad bernama Amir Faishol,Lc batin penulis benar-benar kena tampol. Dimana saat itu ustadz tersebut menceritakan perjalanan hikmahnya saat naik haji. Saat itu ia melihat ketika sedang tawaf di Ka’bah, ada aseorang yang tawaf namun ia pincang, kakinya hanya satu. Kemudian ustadz itu terfikri dalam benaknya; “mungkin nanti di hari kiamat Allah akan bertanya kepada orang yang saat di dunia memiliki tubuh yang sehat dan memiliki cukup materi, kenapa belum naik haji, padahal ada hamba Allah yang lain, yang tidak sempurna fisiknya mampu untuk naik haji”. Dan hikmah ini langsung mengingatkan penulis pada salah satu tetangga di rumah, yang pada awalnya tetangga penulis mempunyai kehidupan ekonomi yang pas-pasan, namun mungkin karena sholeh ia kemudian mengalami  peningkatan penamahan ekonomi yang pesat dan serta –merta menjadi orang kaya baru, rumah direnovasi, motor banyak, mobil ada.

Namun pada saat kaya tersebut sang tetangga tidak berniat untuk naik haji, dengan alasan belum siap padahal secara materi sudah cukup. Akhirnya tanpa diduga sang tetangga mengalami musibah, dalam berbisnis ia di tipu besar-besaran. Hingga mobilnya raib, rumah disita sampai sakit-sakitan. Akhirnya sampai detik ini sang tetangga belum naik haji. Padahal di masa sebelumnnya sudah punya kemampuan,namun karena tidak disegerakan maka allah memberikan peringatan dan hikmahnya dengan kejadian tersebut.

Sahabat sekalian, tampolan dari sang ustadz kembali berlanjut, yaitu saat ia bercerita tentang seorang arab yang ia lihat di Mekkah, yang setiap hari kerjanya duduk-duduk di daerah sekitar Mekkah. Ia kerjanya hanya membaca dan menghafal Al-Qur’an, dan tanpa ia minta banyak orang bersimpati dan memberi uang atas bacaan Quran yang dilantuntan orang tersebut, namun siapa yang menduga bahwa orang tersebut adalah seorang tuna netra atau buta, tapi ia mau bersusah payah bersabar untuk selalu membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan penuh kesabaran. Maka nanti mungkin Allah akan bertanya kepada hamba-hambanya yang saat di dunia punya mata buat melihat, kenapa tidak pernah membaca Al-Qur’an, hambaKu yang buta saja mau membaca Al-Qur’an. Kalau tidak bisa baca Al-Qur’an kenapa tidak mau belajar membacanya, padahal masih banyak guru-guru ngaji yang Ikhlas dibayar semampu kita saja. Apakah kita mau dibutakan dulu seperti orang Arab tadi sehingga mau membaca Al-Qur’an? Tentu tidak kan, oleh karena itu mari kita merutinkan membaca Al-Quran setiap hari, dan jangan sampai dalam satu hari kita tidak sama –sekali membaca Al-Qur’an. Karena kalau di hitung-hitung waktu kita untuk buang air besar jauh lebih banyak dibandingkan waktu kita untuk baca Al-Qur’an. Dengan itu apakah kita pantas masuk surge? Kalau bukan karena kasih dan rahmatNya Allah SWT.

Tiba –tiba penulis teringat dengan kisah nya AA Gym, seorang dai terkenal dan mempunyai banyak pengikut. Saat itu beliau bercerita mengenai adiknya yang lumpuh tangan dan kakinya, namun adiknya tersbut jika ada Adzan berkumandang ia langsung menuju Mesjid digendong AA Gym dan tidak mau ketinggalan sholat berjamaah, dan mungkin di hari kiamat nanti Allah akan bertanya kepada orang yang waktu di dunia memiliki tubuh dan jiwa yang sehat kenapa tidak pernah sholat? Kenapa suka meninggalkan sholat? Padahal hambaKu yang lumpuh ini saja mau sholat berjamaah ke Mesjid. Apakah kita mau dilumpuhkan dulu baru rajin sholat? Tentu tidak kan! Oleh karena itu mari kita selalu menjaga sholat lima waktu. Agar Allah menjadikan kita sebagai orang yang bertaqwa dan pantas untuk masuk surgNya kelak Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s