Bacalah, Maka Anda akan Menjadi Kaya.

Assalamualaikum

Sahabat sekalian sudah sering sekali kita dengar bahwa ayat yang pertama kali diturunkan oleh malaikat Jibril kepada Rasulullah ialah “iqro” artinya bacalah. Padahal waktu itu Rasulullah ialah orang yang buta huruf, tapi di perintah untuk membaca, lalu menbaca apa? Sedangkan beliau buta huruf? Bukan bermaksud menafsirkan ayat dan kisah tadi. Cuma bisa kita ambil hikmahnya bahwa Allahh telah memberikan rumus canggih dan istimewa jika kita ingin bahagia di dunia dan akhirat yaitu dengan cara MEMBACA. Kenapa harus membaca?

Dengan banyak membaca seorang yang tidak sekolah akan terlihat seperti sarjana, dan seorang yang sarjana akan terlihat seperti orang yang tidak sekolah jika ia jarang membaca. Sering kita lihat di sekeliling kita bahwa ada seorang yang pendidikannya tidak tinggi, namun pengetahuannya sangat luas. Pertanyaannya dari mana dia bisa mengetahui banyak hal tanpa sekolah? Jawabannya karena orang itu rajin membaca. Sehingga ia bisa mengenal dunia tanpa harus sekolah. Dengan membaca kita bisa mengetahui indahnya pemandangan di bawah laut tanpa harus menyelam, dengan membaca kita bisa mengetahui seberapa dinginnya kutub utara tanpa harus ke sana, dengan membaca kita bisa mengetahui indahnya puncak gunung tanpa harus mendakinya. Dengan membaca kita bisa mengetahui kejadian di masa lalu tanpa harus mengalaminya.

Dengan membaca kita bisa mengetahui betapa heroiknya perjuangan rakyat palestana walaupun belum sempat mengunjunginya. Dengan membaca kita bisa mengetahui seberapa baik kualitas calon pemimpin yang akan kita pilih. Dengan membaca kita bisa mengetahui betapa kejamnnya pasukan Israel mebantai warga Palestina yang tak berdosa. Maka, bacalah maka engkau akan mengetahui dunia.

Orang yang hobi membaca maka ia akan terhindar dari kepikunan dan sifat lupa di masa tuanya, karena otaknya selalu diasah sehingga kinerja otaknya selalu terjaga. Bila kita melihat fenomena di sekeliling kita para Professor yang berusia hamper seratus tahun masih dapat berbicara dan mengingat seperti manusia sehat lainnya, bahkan ada yang masih bisa membuat sebuah buku, semua terjadi karena mereka rajin membaca. Seorang Ustadz atau kiyai yang sudah berusia hamper seratus tahun masih mampu memberikan ceramah dengan sangat ilmiah dan berwibawa, semua terjadi karena rajin membaca dan menghafal Al Quran.

Lalu ada lagi seorang yang bisa menjadi kaya raya karena ia rajin membaca padahal ia tidak sekolah sarjana, yaitu dialami oleh seorang tukan loper Koran, tiap hari aktifitasnya saat sore membaca korang yang tidak laku terjual, tanpa di duga pengetahuannya bertambah drastic dan puncaknya saat ia mengikuti sebuah acara kuis di salah satu stasiun televisai swasta dengan hadiah Total 1 Milyar, ia bisa memjawab hamper semua pertanyaan dengan benar dan akhirnya membawa hadiah sebesar 500 juta Rupiah,. Woow luar biasa.. padahal beberapa peserta sebelumnnya yang memiliki title s1, s2, bahkan s3 tidak bisa mendapatkan hadiah sebesar itu. Dan sekali lagi semua bisa terjadi karena ia membaca.

Maka membacalah, maka anda akan menjadi kaya, kaya jiwa, kaya ilmu, kaya wawasan, kaya pengetahuan, serta kaya harta. Silahkan dicoba dan lihatlah apa yang akan terjadi

“Dengan membaca kita bisa mengetahui dunia, dengan menulis dunia tahu kita”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s